दलम के षिद्दन सेहारी-हरि मस्काराक, इसिटाल अनक लुवार बायसा यांग कीनी सेबगई अनक बिरकेबुत्अहान खसस मसिह डिसला तफ़्सिरकन, येटु अन्क लूआर बायस सीलवाल डायर्टीकन सेबागै अनक यांग बेर्केमंपुण एट बेपरप्रेस्टी लूआर बायसा। पदहल पेंगर्टीन अनक लुवार बायस जुगा मेंगकू केपडा पेंगर्टियन येटु आनाक यांग मल्मी केलयन एट केटूनान, बाक पड़े संत मकम केलैनन या अबू दही सेतु केलैनन जेनी कैलेनान। अनक यंग बर्कबुटुहान ख़ुशस सेकारा उमम दिकानल मसाकाक आप सेबगई अनक लुएर बायसा दहिरपक्कन डेन्गान मेम्पाल्जारी कास अनाक बर्कबूटुहान ख़ुशस की बुश मेन्गेटुई पैन्गर्टियन अनक लुएर बायसा, क्लेसीफिक्षा अनाक लुएर बायसा, कोन्टो-कोंटोहन, प्रोमैम पेंडीकिकन, कुरिकुलम पेंडीकिकान और कराना मेरंगानी कास अनाक बर्कबुतुहान खुसस। ए। पेंगर्टीन अनक बर्कबुटुहान खुसस अनक यांग बर्कबुटुहान ख़ुशस सेकारा उमम दिकनेल मसाकाक उमू सेबागई अनक लुवार बायसा। मका तर्लीबिह दाहुलु दीहहास तांगंग अक्कल लुआर बायसा दल्म पर्ककपन सेहारी-हरि ओरंग यंग दिजूलुकी सेबागई 8220orang luar biasa8221 इकलौता यंग मेमिलिकी केलीबिहान यांग लुआरा बायसा, मिल्कनी यांग टेंकेल मेमिलिनी कैम्प्पुआन ऑक्टेक्लेक्टिकल यांग लुअर्स बायसा, मेमिलीकी क्रिएटिटिट्स यांग टिंगजी मेलमहिरकेन स्यूआइयूयूटीकेई-टायूमिंग आईएनजीईटीईटी आईपीटीईके, धर्म , डैन बिडंग-बिदंग केहीडुपन लैननया यांग बर्मनफाट बेगी मसाकाकट, और यांग यांग यांग माईकैैैैैैैै प्रवासी यंग मैंगहेबॉयक और स्पैक्टक्युलर, यांग यांग यांग बाक़ीसुलन नेशनल गनुंग टंगिंग टुर्ंगिंगी ड्यूनिया, और सेबैगैनिया। दलाम डूनिया पेन्डिडीकन, काट लुआर बायस जुगा मरुपकान जुलकन एट्यू सेबुतान बोगी मैका यंग मेमिलिकी केकुरंगन एट मेगालामी बिरबागई केलैनान डैन पेनिइम्पंगन यांग टिडक डायनामी ऑरंग सामान्य पडा उममाना। कैलेनान और कोकुरंगन यांग दीइलीकी ऑल मीका यंग्गा अनजुट लुअरा बायस दताप बिरपा कैलेनान दारी सेगी फ़िशिक, साइकास, सोसाइटल और नैतिक। केलिएन दारी सेगी फिसिक दापत बेरूपा केकटाटन फिसिक, मिसलनी ऑरंग टिडिक मेमिलीकी कबी सेलाह किरि, मैटिन बूत सेबेलाह, और सजेनिसन्या। कैलीन दारी सेगी साइकीज, एएपी एस्पेक केजीवन (पिकोलॉजिस्ट, यांग यंग मेन्डेटाटा केटेलैकिंगन मानसिक अकिबैट की इन्टैजेन्सी यांग डिमिलि डिबिवा सामान्य) (अब्दुल हदीस, 2006. 4-5)। अनक बिरकेबुट्टुहान ख़ुसस (दूलु सेबगई अनक लुअरा बायसा) ने दिफ़ीफिनीकिकन सेबैगई अनक यांग मेमरीलुकान पेन्डिडीकन और लेन्सनन स्पेशल केमैनसियान सेकेसरा सेरापार्ना को संबोधित किया। (हॉलहैन और कौफमैन, 1 99 6 अब्दुल हदीस, 2006. 5-6) अनक लुअर्स बायसा इनबुट एनाक यांग बर्कबुटुहान ख़ुसस, करीना दल के बिना मेमनुई केबूतुहान हिदुपन्या, अनैक इन मेम्बबुटुखान बंटुआन, लेनान पेन्डिडीकन, लेआंग सोसिअल, लेनन बिंबिंगन कॉन्सिलिंग, और बेरबागई जेनी लायनन यांग बर्सिफाट खसस। बी Klasifikasi अनाक Berkebutuhan Khusus दलम dunia pendidikan Luar Biasa dewasa आरं, anak berkebutuhan Khusus diklasifikasikan atas beberapa kelompok sesuai dengan Jenis kelainan anak, klasifikasi tersebut mencakup kelompok anak यांग mengalami keterbelakangan मानसिक, ketidak mampuan belajar, gangguan emosional, kelainan fisik, kerusakan atau gangguan पेंडेनगरन, केरुसकन एटू गैंगग्वान पेनिलिहाटन, गैंगग्वान बहस और विकारा, और केलंपप अनक यांग बिरबकत (अब्दुल हदीस, 2006. 4)। अनक बर्कबुटुहान खुसस दापत दिक्तिहुई डेंगण कर मंगामुटी जिजाला गीजाला-जिजाला इस दिन अंतराल यांग डिकमेककन ऑलेह अलजा डी ब्रुइन डे बोएर सेऑरंग ऑर्थोपैग्गागॉग अनक भेंटदार बेलादा दाम सुट्टू कॉंगर्स डि बेलांडा टेन्टंग एनिक गिफ्टिंग तहं 2003, ईआईआई सदस्यकन बेबरापा पेटकोण सेबागई पेगैंगन ओट मेलिटाट जीजाला-जीजला एनक यूएसआई 4-6 तन यांग मींगालामी लोनकटन प्रिकैम्बैंगन, बहू की वजह से मेलीहट दरल-हलाल की भर्ती हुई: 1. मोटरकनी बेर्केमबंग डेंगान बाइक। उम्मान्या पाडा यूईया यांग संगत मुदा, अनक इनई मेप्पुन्यई पर्कमेम्बॅनिक मोटरक यांग लेबीह बायक दारी अनसू सीसूआनिया। मेरेका डुडुक और बर्जलान लीबिह दाहुलु दारी थीं सैकोलह्न्या, और मासआई संस्था मुदा सुदा दपत बरमैन डेगान सामग्री यांग केसिल-केसील। 2. पेंगुगुणन बाहस यांग अमात बाइक सेबैगियन अनक बरबकत मेप्पुन्यई पर्कमेम्बण बिकार यांग संगत सेपग, टेटपी सेबैग्ननिया लगी मीगामलमी केटरंबंबटन बिकार, नामुन लैम्बैट लाइक अकान सेगेरा मेनीयूसुल केटरिंगगनलान्या दान मेंगुनाकन बाहास यांग सलट सेपरटी 8220 मेसिन कूई बाजू 8221 3. संगति मंडरी पैरा यांग आपके मेलापोरकन बाहवा अनक-अनक इन सेजक माशीह केसील सेक्ली सुदा आईगिन मेलाकुकन सेग्लला हेल भेजरी। 4. मेमिलिकी एनर्जी यांग लुआर बायसा और संगठन के सदस्य बने अनक-अनक इनई बेगाई अनक यांग टेक प्रतिनाल लेला। सेरिंग मीका सांकेतिक मेमबुतुखना वक्ता और जाम टिडर थे। दान सेलालू आईगिन मेमलकुकन बिरबागई हला। 5. डेल बार्बिकारा मेम्प्न्ययई प्रेटिशन मसाला स्पेशिफ़िक: सीरीटा-सेरीटा पैरा यांग आपके तनैया अयाकन द्यूसिया 2 - 2,5 तांग यांग संग सर्टिंग एडिशियल सर्टिन्ग मेलेक डैन टीप मोबिल। 6. संगता के लोगों के पिता और तर्कशास्त्र के अनुरूप: अनक-अनक यांग मेपुन्यई लोनकटन परकम्बैंगन पाडा यूसेया यंग संगता दीन मेम्प्न्ययाई मेमोरी यांग संग किताब, दान मेम्पाउन्याई मेम्बुबुंग केजेदियन सात देवंग केजादियान लैनन्या, दीमना अनक-एनाक लैन मैसिह बेल्म मम्पू। 7. मेम्प्न्ययई क्रिफिफिटस डेल बरमैन: अनक-अनक यांग मंगामी लोनकटन पेर्कबेंगन इनi, सेजक मसिह केसील सुदाह बिसा बास मेलाकुकन फ़ंतासी 8. पेन्टिंग बैगी यांग आप के बारे में अधिक जानकारी के लिए अपने दोस्तों के बारे में पूछताछ के लिए, या आप के बारे में पूछताछ के लिए पूछ सकते हैं। तांगगुंग जवाब यांग अपने मुकाबले के लिए तैयार हो गए हैं, और उन्हें पुरुषों के प्रति सच्चे शिक्षा या स्वभाव के साथ केलुर्गा यांग मेमुकु और प्रजनन क्षमता वाले कृत्रिम आहार (उत्ता मुनिदर, 1998, एचएलएम 5) 9. Lebih cepat berlajar membaca dan berhitung: melalui kemampuan pengenalan, melalui banyak pertanyany yang di ajukannya, सता दिन इंगित यांग संग किताब, अनक-अनक डेंगान लोनकटन मिसलनाः बेलजर हुरफ-हरुफ मेललुई परमानान, हरुफ एम एडा डी मैक डोनाल्ड, मोरा, या कॉकलेट मार्स। (जूलिया मारिया वैन टिएल, 2007, एचएलएम 41) सी। कोंतो अनाक बर्केबुतुउहन खसस 1. लेमह मानसिक, दीबिगी मीज्यादी टिगोलोंगन, येट्ू: रिंगन डेंगान आईक्यू 50-70, सीडिंग डेंगान आईक्यू 35-49, डैन बिरेट डेंगान आइक 20-34 । 2. कर्टिनिज्म, येटू केदशन जास्मानी डेंगण तंद बदनाम्य सेबोल, कुलीत मकान और बदनाम बिरलिपत-लिपत, मजूगांग, और तम्पाक बोदोह। लिदान्य मेनजुलर केलुआर दान और दहिन्य पेनह डेगान आरंबुट। अनक क्रेटिन इनई बायसंनु मुलमई बिरजलान और बिरबिकारा लेबिट लिंग दारीपदा अनक सामान्य, उर्म मनसकन्य हन्य मेनकायैम औमूर मानसिक 3-4 तह, सहिगग दपत डिपार्टमेण्ट लेमह मानसिक बर्ट। (जुंताका नूरिस्सासन और मुबीर अगस्टिन, 201, एचएलएम: 49) 3. ऑरंग टुआंग बर्टेंगकर, अनक-अनक यांग टेरलंटार सेहोर्न्या अनक-अनक्ला यांग मन्जैडी पुसाट इटेटियन। बुकान सब्लिकिक्स, माला दी अबैकान अगर आप अपने या अपने प्यार के बारे में बताते हैं तो हम आपको बता सकते हैं। दलम मंगेरंगी पर्जालानन हिप्पूप मेनकेपै जेनजांग केडवेसन, अनक मेमरलुकन तेलदान दारी ओरंग तू। बागी अनक, नारंग तू आपल पेंडीक उमा, गुरु यांग सेजती जंगन मेघाघार्पण अपा-अपा देरी आनाक, कलौ ओरंग तू अपने माता-तून तंजान भेजने वाले सेबैगई पेन्दिकिक यूटामा। (एम। इमरान पोहन, 1 9 86, एचएलएम: 173) 4. एडीएचडी येट्टू गैंग्वाआन पेमेसटन इटेटिएशन डिफरटी हापरकाटीफ। जिका हला में थाजदी पोड सोरंग अनक दपत मेनयेबबैक बिरबागई कैसोलिटान बेलजर, कैसलीटिन बिरपीरालकू, केसुलीटान सोसिअल, और कैसुलिटान-कैसलीटान लाइन यांग केट मेंजेट। डी। कार्यक्रम पेंडीकिकन अनटुक अनाक बर्कबुतुहान खुसस काता कार्यक्रम बिरसाल दरी बाहासाहेबारी, यत्सु कार्यक्रम यांग रेणकाना या रीनाकेना कांगाई के दौरान। डेंगान में एक कार्यक्रम के लिए एक कार्यक्रम का आयोजन किया गया है, तो एक कार्यक्रम के बारे में किसी भी व्यक्ति के बारे में जानने के लिए, या किसी भी व्यक्ति के बारे में जानने के लिए, या किसी भी व्यक्ति के बारे में जानने के लिए, या किसी अन्य व्यक्ति के बारे में जानकारी प्राप्त कर सकते हैं। अनक यांग बर्कबुटुहान ख़ुशस यांग मेनकाकुप बिरबैगई जेनिस कैलेनान, येटु अनक डेंगान गैंगगन पेनिलाहटान, बाहास दन विकारा, इमोजोनल, अनक डेंगण केटिदम्म्पीयु बेलाजर, केटिंकमम्पुआन फिस्क, और एनाक बरबकत मेम्बुूतुखान प्रोग्राम पेंडिदीकन यांग एसएसयूई डेंगान स्टेटबैज ऐनाक यंग बर्कबुटुहान खसस। कार्यक्रम pendidikan यांग cocok दान sesuai dengan kebutuhan mereka ialah कार्यक्रम pendidikan व्यक्ति यांग biasa disingkat 8220PPI8221 कार्यक्रम Pendidikan व्यक्तिगत (पीपीआई) untuk anak यांग berkebutuhan Khusus dikembangkan dengan melalui berbagai proses atau दान pelaksanaan कार्यक्रम pengembangan pendidikan व्यक्ति pengembangan tahap-tahap, yaitu mencakup tahap: penjaringan डैन आइडिफ़िकेशनल पेजरटाइजिक यांग बर्कलेनान एट मेमिलिकी पोट्ससी केकरदासन और बेक इस्तमेवा, मेलाकुकन रुजुकेन के टिम पेंडिदीकन खसुस, मेलाकुक्कन पेमेंटमैन टिम, मेन्यूसन प्रोग्राम पेंडीकिकान व्यक्तिगत (पीपीआई), मेलेसंकन प्रोग्राम पेंडिडीकन व्यंग्य (डिप्दिनास, 2003)। कासमुआ तहप-तहप तर्सेबुट हरस दिलुकुण सेकरास ओलेह पीहैक पेंगंगांगन पीपीआई, येटू केपोल सैकोलह, पेंगावस, गुरू पेंडिदीकन ख़ुसस, गुरु कुंजुंग, इंडिगुरु यांग मेरुजुक, दसवे प्रोफेसी लाइन सेसूई कबूतुहान, ओरंग तू एनाक, तहप रुजुकन के टिम पेंडीकिकन खुसस सेबागई तहप पेंगबंगन और पेलक्षनैन प्रोग्राम पेंडीकिकान व्यक्तिगत (पीपीआई), दिमस्कुद्दान येट्स सेटिएप पेसर्टाकिक यांग दिक्तिहुई मेननजुकान टांडा-टांडा बर्मासलाह अकाल डरुजुक टिम पेंडीकिकान खुसस। केगितान रुजुकन दापत दिलुकन ओले यांग तू, गुरू केलस, प्रशासक, टोको मसाकाकट, और दसवें प्रोफेसी यांग लाईन (डायरेक्टोरेट पीएलबी डिटेंडेक्सन डिपाडिनास, 2003 में पेंडिदीकन अनक बर्कबुतुहान खोस एचएलएम 30-31) मसाला-मसाला-मसाला यांग डायलमी ऑल पेसर्टा इयानियल सिंगगा पेललू डूरूजुक इयाल कारेना पेसर्टा डैडिक मेडु मेनिलेस्कायन टूगस टूगस सेक्ोलह, कैसलीटिन बर्गॉल डेंगान थीम, केमपुवान मेम्बेका यांग रिहा, अनक मेगलामी गैंगग्वान मोबिलिटस करना कोंडीसी फ़िशिक, दान सेबैगैनिया मसाला-मसाला तर्सेबूत हरुस दपत डायसिफिक्सी सेकरा दीनी ओलेह पिहक गुरु, नारंग तू और अन्नागोटा केलुर्ग लायन्या सेसी मुहम्मद, पिच पेटुगास बिंबिंगन कोन्सलिंग दी सेकोलाह, और पीहक तरायक लैनन्या। ई। कुरिकुलम पेन्डीडीकन ने अनक यांग बर्कबुटुहान खोस दलाम उदांग-अनदांग नमोर 20 सितंबर 2003 को सिस्टेम पेंडीकिकान नेशनल (यूयूएसपीएन) पर प्रकाशित किया गया था 1 साल 1 9 उच्च शिक्षार्थी को मिलेगा: 1. एसईबीयूआरके के पुनरूत्पादन और पेंगुइन मुकाबला, सर्टिआ 3. कैरा यांग डिगुनकन सेबागई पेडेलेंगगारायन केजीटायन पेम्मेलजरन यूके कैलकुआन टुजियन पेन्डिडीकन टर्टेंट्यू। Separangkat रेंकना और पेंगुर्टन मेंगई टुजुआन, आईआईटी, उत्तरी कुआर्कुलम 1994 में एक लैंडस्नान के बारे में जानकारी दी गई है। कार्यक्रम, डैन पेंग्बैंगन कुरकुलम 1994 में गारिस-गार्स सीसर कार्यक्रम में पेंजाजारन (जीबीपीपी) ने एक कार्यक्रम आयोजित किया था, जिसमें से पुरुष शिक्षा कार्यक्रम के तहत पेडनियरिंग स्कूल के छात्रों के लिए स्कूल की पढ़ाई की गई थी। पडा कुर्कुलम 1994 में द्विजुडेक्कन डेल बुकु-बोकु पेडमन पेलक्सानायन कुरकुलम। (अब्दुल हदीस, 2006: 33) अरुण अब्दुल हबीस, कुरिकुलम बिरबासीस, कुरिकुलम अब्दुल अब्दुल हबीसिस, कुरिकुलम बिरबासीस, कुरिकालुम बिरबासीस, कुरिकालुम बिरबासीस Kompetensi (KBK) Oleh karena itu, दम पेनमेलंगगाराएन पेडडीकन ख्सास अनक यंग बर्ककेबुटुहान खसस द्वास इनी अदलह जुग हरसर मेन्गैकु केपेडा क्युरीकुलम यांग बेर्बासीस कॉम्पेटीज यंग इनब्यूबेट सेबैगई 8220 कुरिक्लुम 20048221। बेगुटूपुन जुगा सोंपेई यांग मंगागुनाकन क्युरीकुलम केटीएसपी। एफ। कैरा मेनंगनी अनक बिरकेबुटुहान खसस 1. बागी यांगों के बारे में और जानने के लिए, अपने बच्चों के बारे में जानने के लिए प्रार्थना करें और उन्हें याद रखें। ओरंग तुआहरु बसा मेपरकायई पेंजाजार दान मेसा यिन बाह्वा मेकाका, सेबागई ओरंग टूआ, अकान दिइजिंकान अनटुक ट्रेलीबेट दान केमजुआन अनक सेलामा प्रिसेकोलाह। 2. बागी पैरा पेंजर, लंगका-लंगकाह यांग अकाल मैके लुकुकन आदाल्ला। ए। मेन्जिलिन कर्जासमा डेंगान यांग तू, करजसम अंतरा पेंजर देन्गंग ओरंग टू संताट पेन्टिंग अन्टुक मेबंटाहुई केबूतुआंग अगैक और मेहनतिकान एडनी एजेन्ट्स ऑफ दी एट एटिएप कैसोलिटन। ओराम तुआ कोलुरागा मेरुपाकन तपाई पिलिंग न्यामन्त अनटुक, और पंगजार हजर मैंगुकेंग हबुनगंग पेन्टींग इनर डेगाण गार्ला सैलरी बेरबाजी इंपार्टमेंशन और मेनवर्कन डुकुनगंज पंबेलजार दी रूमा। ख। Menjalin kerjasama dengan Pihak lain, pengajar Perlu bekerja sama dengan pengajar dari Pihak lain misalnya Dinas Kesehatan masyarakat स्थानीय, atau tempat anak tersebut dilindungi ओलेह Pemerintah स्थानीय, untuk mengetahui दान memenuhi kebutuhan Serta menggunakan pengetahuan दान सरन mereka गुना memeberikan perlindungan Sosial Kepada anak melalui kesempatan दान लिंगकुनगन बेलाजार तिबिक अनटुक अनक सी। Memberikan kesetaraan kesempatan, penyedia layanan pendidikan bertanggungjawab menjamin sikap positif terhadap Perbedaan दान keragaman, tidak hanya supaya Setiap anak bisa bergabung दान tidak dirugikan, namun juga supaya mereka belajar Sejak dini untuk menghargai keragaman यांग dimiliki ओरंग lain दान tumbuh dengan memberikan sumbangan positif untuk masyarakat। (क्रिस ड्यूकेस और मैगी स्मिथ, 200 9: 3-6) सलाहा सतू केगेटन यांग मेमिकी विकी पेर्नान पेंटिंग दाल केगेटेशन पेन्डिडीकन एनाक यूजिया दीनी एडलह केग्टाटन बीबिलिंगन केगितान बिंबिंगन बागी अनक दापत दीजदिकान सेबागई सलाह सत कारमा मेबंतु गुरू दल्म मेमटाऊ प्रोसेसेस, केमजुआन और हरियाणा बेलाजर अनाक सेकारा बिरसिनंबुंगन सिंगग दपत सदस्यकन पंचांग बालिक बाजीगुरु मनेमपर्मानकन प्रोसेज़ पम्बेलजaran। तर्काईट देनागण परमात्मा अनक, बिरिकुट बेबरापा बेंटुक बिंबिंगन यांग दापत दिलुकन, बाक ओलेह गुरु मुपुन यांग तू डमेल मेबांटु मींगतासी परमात्मा ने कहा: तदक सीमू टिंगाका याहू बेसमलह डिगोलोंगकन गैंगग्वान Oleh karena itu, Perlu पुरुषों के लिए पेंटाहुआन टेंटींग गैंगग्वान मेन्गेनई पर्कमेबलन दान जनीस गैंगग्यूआन एनाक बिना पुरुषों के लिए पुरुषों की संख्या में लोगगांव, अबा बायकन केल्वार्गा मार्केटिंग सपोर्ट ग्रुप और पेरेंटिंग स्कूली-ट्रेनिंग। तुजान्य अगर बीस लेबिह यादमी सीप और पेरिलाकु अनक, सर्तआ अप यांग डिबुतुनाक अनक, बाक सेकरा पिकोलॉजिस्ट, कॉग्निटिफ (इंटेलेक्टल) माउपुन फ़िसोलोजी। डिबूटुखन केटलाटानन और केशरान को बिना मेघगापापी में भी जाना जाता है। 4. मेम्बांगकिटकण केपेररायण दीरी जिका मम्पू, इनूगा बासा दीपलाजारी, मेगगुणकन तहनिक-तहनिक पेंगोलोलाय पिरलाकू, सेपरटी माँगगुनकन पेंगुसा पॉसिटि। मिस्सलनिया सदस्यिकान पुजियन अप्बिला अनाक मेकन डेंगान टेरटब एट बिरसिल मेलाकुकन सेसुआताउ यांग बानर, सदस्य कंसोल यांग कंसिस्टन, और एसएलएलयू मेमोनीटर पेरिलाकु अनक। तुजुनाया के लिए मैन्कन्कांत का रस पेरेकाया दीरि अन्क 5. मेन्गेंली ऐरो मिनिट्न्या जिका दी बेर्जेक टेरस, जांगन पानिक, इकुत्तन सजा, दान कैट बिकिक-बाइक, कामना सेबेनारनु तुजआन दारी केतिकफान्य। जांगन दीलरंग सेव्यूना करीना मेम्बुट अनक मेज़्याडी फ्रस्टसी यांग पेन्टिंग एडलाह मेन्गेनली बाकट एट केकेदारुनगण प्रतिहतिन्या सेकारा दीनी। 6. मेमिनमिलिसिआइ उत्तेजनाओं के लिए यातायात और प्रबंधन के बारे में जानकारी दें। अनक दुप्याकन दसांग टेकेन्डीली, गैंगग्वान दारी लुआर कम सेमगेंकन मीडिया पेनांगनान यांग मेजरिक सेसुई डेंगान मोडलिटस एनक (विज़ुअल, ऑडिटर, किनेस्टिक), प्राक्टिक लैंग्संग, मेन्नेनाक, वैरिएटिफ़, एसएसयूई डेन्गान मिनाट एनक, मेगाजारक रणनीतिक मेन्निन्जकाटन मेमोरी, एमएनएमओईक, कैट कुन्सी, पेटा पकिरीन दान अंतर्दृष्टि 7. मर्केंकांग लिंगकुनगण कोंडुसिफ मेन्जुहोक्कन बेंडा बेरबायताजम, लंगकुनगन फिस्क न्यमान, मेम्फिसिलिटि एनाक यांग सामान्य अन्टुक मेनजादी रोल मॉडेल, मेपरटाहंकान कॉन्टिक माटा, सदस्यकैकर यांग मेननैंग, मेमिकटनिक मैनेरिक पेंजरिंग के लिए मैनेजमेंट, मेन इडियाजन इंस्टीट्यूट, मेरजैकल इंस्टीचर्स, मेनजेलस्कैन टुजुएन्टेरेट डेबियन जेएलस, सदस्य सम्मिलित होने के बाद, उसमें से किसी एक सदस्य के बारे में जानकारी रखने वाले सदस्यों की निगरानी 1. ऑरंग लुआरा बायसा इयाह यिका मेमिलिकी केलीबिहान यांग लुवार बायसा, मिसलनी ऑरंग टारकेनल मेमिलिकी कैम्प्पुआन ऑटेक्लेक्टिकल यांग लूर्बिआस, मेमिलीकी क्रिएटिटेट्स यांग टिंगजी। 2. दलम dunia pendidikan Luar Biasa dewasa आरं, anak berkebutuhan Khusus diklasifikasikan atas beberapa kelompok sesuai dengan Jenis kelainan anak, klasifikasi tersebut mencakup kelompok anak यांग mengalami keterbelakangan मानसिक, ketidak mampuan belajar, gangguan emosional, kelainan fisik, kerusakan atau gangguan pendengaran, kerusakan atau गैंगग्वान पेनिलीहटान, गैंगग्वान बहस दान विकारा, और कालमपोक अनाक यांग बिरबकत (अब्दुल हदीस, 2006. 4)। 3. कुर्कुलम पेंडीकिकान अनक यांग बर्कबुटुहान खोपड़ी के बारे में पढ़ाया गया था, वह उंगुंग-अपंग नेशनल 20 सितंबर 2003 में नेशनल (यूयूएसपीएन) विश्वविद्यालय ने 1 परीक्षा में भाग लिया था। सेबुह रेंकना और पेंगुर्टन मेन्गेनई टूजुआन, आईआईसी और बी। बहन पिलेराज, सर्ती सी। कैरा यांग खूुनकन सेबैगई पेडमन पेनइलेंगगारायन केगेटन पेम्मेलजरन यूट मेनकाई टुजियन पेन्डिडीकन टर्टेंटू। 4. कैरा मेनांगनी अनक बिरकेबुटुहान ख़ुसस: आप अपने बच्चों के बारे में जानने के लिए अपने बच्चों के बारे में जानने के लिए अपने परिवार के बारे में बताएंगे। ओरंग तुआहरु बसा मेपरकायई पेंजाजार दान मेसा यिन बाह्वा मेकाका, सेबागई ओरंग टूआ, अकान दिइजिंकान अनटुक ट्रेलीबेट दान केमजुआन अनक सेलामा प्रिसेकोलाह। कैटा सेबैगई कैलोन पेन्डिडीक हर्सु टूहममैन कैरा मेंडिकिक अनक सीसईई डेंगण मिनाट बाकट, करकटर दान तनुनाया अनक यांग बर्कबुटुहान खसस। अगार किita लीजिज बिजक में सदस्यकन पलल्यान ख़ुसस दलम मेघादापी कास अनंग यांग बर्कबुटुहान खसस। 8220 ऐनाक-अनक टिडक बहियाजी करना टिडक एसा सेशुटु पन यांग टिडक डायपरहट्कन। अनटुक इटुलाह ओरंग टू डिपितकन। 8221 (ओग्डेन नैश दलाम एस। चाल्के। 200 9: 107) हदीस, अब्दुल पेंडिडीकन अनक बर्कबुतुआन खुसस बांडुंग: अल्फेटाटा 2006, स्मिथ, क्रिस ड्यूकस कारा मेनंगानी अनक बर्कबुतुहान खुसस जकार्ता: इंडेक्स 2009. पोहन, एम। इमरान मसाला अनाक और अनक बर्मासालह जकार्ता: सीवी इंटरमीडिया 1 9 86। बैहाकी एएमपी सुगियार्मिन मेमहमनी और एमम्बंतु अनक एडीएचडी बांडुंग: रेफिका Aditama 2006. टील, जूलिया मारिया अनककू टेरलंबोटा बाइकारा जकार्ता: पेरेडा 2009 Sujanto, Agus, लुबिस Halem, एपीपी, ताउफ़िक। Psikologi केपीरिबियन जकार्ता: बूम अक्सारा 1 9 80 नुरिहसन, जुन्तिया दीनामीका पेर्कम्बांगन अनाक दान यादाना बांडुंग: रेफिका Aditama 2018. चाळके, एस टिप्स मेन्जदी ओरंग टूआ आरिफ, पॉसीफ, और इंस्पेराटिफ़। जोगाकार्टा: गारिममु 2009. डीपोस्क्कन ओलेह फातिमात्स शोलिका डीडब्ल्यू। Di 08.04 अनुयायियों यांग डिकिरिमान ऑलेह अल्लाह अत्तुंग ऑरंग टुआ साला अल्लाह त्राहिरन्या पुत्री के दुआ दारी तिग बर्सडारा यांग बर्नामा फातिमात्स शोलिका द्वि वाहिनी। आईएएन सुरक्षा अकाउंट (एक्टिव्स दख्वा कैम्पस), कामी अल-एक्शा आईएएनए एसकेए, केटीआई (कॉम्यूनिट्स ट्रेनर इंडोनेशिया), रेडियो डिस्टो एफएम, एसईए के एसएसी द्वारा संचालित इंस्टीट्यूटः बीजीआईएनआईआईएनआईबीआरकेईबुतुहन ख़ान, बंगाली बैकपोटीन्सी मेघालय समस्याएं बेलाजार, हन्या साजा समस्या के बारे में चिंतन करते हैं और यह सुनते हैं कि वह अपने दिल से प्यार करता है तो वह दांत दतिष भेजते हैं या अनज यंग बर्संगुक्तान और याहू की समस्या बलाजनन्य कुकअप बिरत सेहगंग पार्लु मेंडापत्का हंगेरियन और बंटुआन की नारींग लैन। अनक लुअर्स बायस एटयू इनबूट सेबगै अनक बिरकेबुत्अन ख़ुसस (विशेष ज़रूरत वाले बच्चे), मेमांड टिडक सेलुलम मंगाली समस्या बेल बलराज नमुना, इत्यादि ने कहा है कि वह किसी भी व्यक्ति से प्यार करता है, लेकिन वह कभी-कभी उसमें से एक ही नहीं होता। Pembelajaran unak berkebutuhan khusus (विशेष जरूरतों के साथ छात्र) मेमबुतुह्ना सुट्टू रणनीती के लिए तैयार हो गए हैं और उसके बाद के लिए मज़ेज़िंग मैसिंग किया जा सकता है। डेलम पेनियसुनन प्रोग्रामिंग प्रोग्रामिंग सेट अपिंग हॉलीडेन गुरू केलस मेमिलिकी डेटा प्राइडी सेटिएप पेसर्टा दीयकिकिया डेटा प्रबंदी याकनी बर्कटाइंस डेंगण करेटिस्टिस्टिक स्पेशिफ़िक, कमम्पुआन और कलेमहन्य, कॉम्पेटेन्सी यांग डिमिलिकी, और टेंककेट प्रिक्सिंग विशेष जरूरतों के साथ काराकटरिस्टिक स्पेशिफ़िक छात्र पंड umumnya berkaitan dengan tingkat perkembangan fungsional। कारकस्ट्रिस्टिक स्पेशिफिक तर्सेबुट मेलीपुती टिंगकेट पेर्कबेंगन सेंसर मोटर, कॉग्निटिफ, कैम्पाउआन बिरबाहास, केटरमिपिलन दीरी, कॉन्सप दीरी, कैम्पाम्पियन बिरेंटरक्षी सोशल सर्टिस्ट्रेटिक सर्जरी। अन्य लोगों के लिए एक दूसरे से अलग होने के बाद से ही वह अपने दोस्तों के साथ प्यार करता था, लेकिन वह अपने पिता के साथ काम करने को तैयार नहीं था। टुजुनाया अगर सामुदायिक यादगार के लिए सुप्रीम द्विपक्षीय मंगेतर बान्टुक रणनीतिक पेंशन जनांग अंजीप कॉकोक था। लोगों के लिए लोगों के लिए काम करने वाले लोगों के साथ काम करने वाले लोगों के साथ काम करने वाले लोगों के लिए भी बहुत ही बढ़िया काम होता है। केजीआईटीएन में बायसंनान मेमरुलुकन पेंगुगुणन इंस्ट्रुमेंट्स ऑफ स्पेशल बाकु एट डि बुट प्रेषरी ऑल गुरू केलस। मॉडल पम्बेलजारन तिरहेडप पेसर्टा दीदीक बर्कबुटुहान ख़ुशस यांग दी प्रेसीपकान ऑल गुरू द सिखोलाह, डि तुजुकान या पेसर्टा इडिक माम्पू बिरन्टरक्षी तिरहेडप लैंगकुनगन सोशल पंबेलजारन ने अपने दोस्तों के साथ मिलनसार पेंगेलियन कैसंपुण के लिए एक दूसरे के साथ काम किया था। किसी भी तरह के कामों को छोड़ने के लिए या किसी भी प्रकार के कामों के बारे में बताते हुए, 1 दलाल ने कहा था कि अनीक बर्कबूटुहान के साथ दोबारा रणनीति तैयार की गई थी। 2. रमसुआन मसाला ने अपने भाषण के बारे में बंगाली जंजीर और करंटिस्टिक अकाक बर्कबुटुहान के साथ ही रणनीतियों के बारे में बात करने के लिए कहा था। 3. तजुआन मेनजेलस्कैन ने निश्चित रूप से अपने भाषण के बारे में फैसला किया। मेन्गंडिफ़ीकैसी जेनीस और कार्केटरिस्टिक अनक बर्केबुतुहान ख़ुसस मेनजेलस्कैन रणनीती पेम्मेलज़ार बोगी अनक बर्कबुटुहान खसस बी। PEMBAHASAN 1. परिभाषित Anak Berkebutuhan Khusus Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik.2 Anak dengan khutan ke saath mangalami kelainan penyimpangan (एफआईसीआईसी, मानसिक-एक्टिकल, सोसाइयल, डेन इमोजोनियल) दम फेंसेज़ पेटाम्बूकेम्बैंग्नाया डिबांदिंगक डंगान अनक-अनक लाइन यांग सीसिया सिंगग मेमेरलुकन पेलयनन पेन्डिडीकन खसस। 3 अनक बर्कबूटुहान खुसस (एबीके) मरुक्कण इतिथेल लाएं बिना मंगल ग्रह का काक अनक लुअर्स बायसा (एएलबी) यांग मेनंडकन एडानिया केलानान ख़ुसस अनक बिरकेबुत्तुहन ख़ुशस मेम्प्न्ययई कर्क्टिस्टिस्टिक यांग बेर्बेद अंतरा याहू सेंगांग यांग लैनन्या करीना कारकनिस्टीकिक और हंबतायन यांग दीइल्की, एबीके द्वारा लिखित में एबीके के बारे में बताया गया है कि वह अपने बच्चों के बारे में सीखने के लिए तैयार हो गए हैं, और उन्हें अपने बच्चों के बारे में सीखने के लिए उन्हें तैयार किया गया है। अनक बर्कबुटुआन खसस बायसनिया बर्सकोलह दी सेक्लाला लुआरा बायसा (एसएलबी) सेसुई डेंगण केकेहुससुन्न्या मैसिंग-मैसिंग। एसएलबी बैजियन ए अन्टुक ट्यूननेट, एसएलबी बैगियन बी टुणुरंगु, एसएलबी बैगियान सी टुणग्राहिता, एसएलबी बैगियान डी ओटकुक टुनादक्ष, एसएलबी बैगियान जी और एसएलबी बैगियान जी को सीएसीटी गाांडा में इस्तेमाल किया गया है। अनक बिरकेबुट्टुहान ख़ुशस यंग पीलिंग बान्यक मेन्दापत हेटाट गुरू अनंत लैन 4: अ। तनाग्राहिता (मानसिक मंदता) अदाना निश्चित रूप से उनके सिद्धांतों को परिभाषित करते हैं, अंतराल: अमेरिकन एसोसिएशन ऑन मानसिक कमर्शी (एएएमडी) में बी 3 पीटीकेएसएम, (पी। 20) एमएन्डेफिनीकिकन रिटर्डासी इंन्तुलुनाग्र्रही सेबगाई केलानान यांग मेलीपुति फंगसी इंटेलेक्टीकल उमम दी बावा राटा-राटा (उप-औसत), येट्ू आईक्यू 84 के बावह बिरडसरकर के लिए व्यक्तिगत तौर पर अलग-अलग जगहों का इस्तेमाल किया जा सकता है। जापान लीग के लिए मानसिक रूप से मंद (1 99 2: पी .2) द बी 3 पीटीकेएसएम (पृष्ठ 20-22), मेन्निफिनिसिकन रिटर्डासी मैनल्टुनग्राहता इयाह फंगसी इललेक्टलुअनलिया लम्बन, येट्यू आईक्यू 70 के बावह बिरडसरकन टीस इंटिजेन्सी बाकु केकुरंगण दाल पिलकक़ान एडिटिंग और तराजूद पडा मासा पेर्कबेंगन, येट अनंत मासा कॉन्सफी हिंगगा भारत में 18 साल द न्यूजीलैंड सोसाइटी फॉर द इंटेललीयली हंसिडैप्ड मेन्टाटकन टेंगान्ग टूनाग्र्रहि एडाल बहवा ससेरंग दिक्तकन टूनाग्र्रह्टा अप्बिला केकेरदासन जेलस-जेलस दी बावा राट-राट और द बर्लंग्सुंग पडा मैस पेर्कबेंगन सृता तर्भबत दाम की लखू तेरादप लिंगकुनगन सोसियालिया। डिफिनिसी टुनग्राहिता यांग डिप्ब्लिककिकान ऑलिह अमेरिकन एसोसिएशन ऑन मंथ्टल रेडार्डेशन (एएएमआर)। दी अकाल ताहुन 60-एक, टुनग्राहिता मेरजुक पर कैटरबेटन फंग्सी इंटेलेक्ल्यूमिकल यूनियम और केटरबेटन के कैडेट्स एडेप्लेऑन हैं। कैटरपिलन अनुकूलक मेस्ककूप क्षेत्र कम्यूनिकेशी, मायावती दीर्इ, घर पर रहने वाले, कैटरिपिलन सोसाइयल, बिर्मसीराकट, मॉन्गंट्रोल दीरी, फंक्शनल एजुकेशन, वक्ता लूंग, दान काराजा। पुरुषों के लिए निश्चित रूप से, 18 साल के लिए केंटों के लिए एक शराब मेन्यूरट डब्लूएचओ सीओआरएंग टुनग्राहिता मेमिलिकी दुआ हल यांग एन्सासियल येट्यू फंगसी इंटेलेक्टीकल सेकारा नताट बावा राट-राट और मैनेज्यूकेन दीरि डैंगन डैंगन इट बर्टलकु डेल मसारकट .5 एडपुन कार मंगाडेसिफाइक्सासी सीरंग एनाक टारगेटी टुनाग्राह्टा इटैबरी इंडीकसी सेबैगई बेर्किकुट: पेनैम्पिलन फ़िशिक टिडक सेइम्बांगा, मिसलनी केपला टेरलुके केसिलबसेर, टिदिक दापत मांगूरस दीदी सेतिसी सेसुई अमेरिका, पेर्कम्बांगन बिकारबहास टेल्लमबाट टिडक अदुकुरंग सेक्ली इटिटियानिया तेरादप लिंगकुनगंज (पंडांगन कोसॉन्ग), कोर्डिनासी गेराकन कुरंग (गारकन सरींग टिडक टेर्केंडली), सेरिंग केलुआर लुडाह (कैरन) दारी मुलट ( ngiler)। ख। तुनालारस (भावनात्मक या व्यवहारिक विकार) नीलाई स्टैंडर्न्या 4 तुनालारस आलम का इंदिवाद यांग मंगामी हंबतन दल मँगेंडेक्स इमोजी और कंट्रोल सोसाइअल। Individu tunalaras biasanya menunjukan prilaku menyimpang यांग tadak sesuai प्रारम्भ करने के लिए और परमाणु यांग बर्कलकुराणु टुनलारस दपत अपूर्वबन्क करीना फकटर के आंतरिक और फैनटैक्चर के लिए इंटरव्यू के साथ ही भाषा सीखने का अवसर मिला। मेरुरुट एली एम। बोवर (1 9 81), अनक डेंगान इमोजियनल एट केएलेनियन पेरिलाकू, एपिलिला मेननजुकैन एडवाइज एट्यू लेबि डैरम कॉमप्पेन बेरिकिकः टीडिक मैम्पू बेलाजार कणना फैक्टर इंटेबैक्टिव, सेंसर या कैसेंटाइन। तदक मम्पू बिना मैककुकन हबुनगण बाक दिन-मंदिर और गुरु-गुरु बर्टिंगका लाका यूए बेपरसैन टाइड पडा टेप्पान्टन्या। सिकारा उमम मीका सिल्लू दाम के व्यापक प्रसार और उसके बारे में सोचते हैं। Bertendensi केएआरए लक्षणों के लक्षण: गर्भशक्ति या किटुकुट बर्कटकन यांग या परमात्मा के सैकोलह हैं। अनक यांग मलेशियाई समूह के इंपोसी और पेलीक्यू जुगा बिसा डायसिडिफाइकासी मेललुई इंडिकासी बेरिकुट: 6 बर्सिकाप मेम्बांगकांग, मुदाह टेरंगसाँग इमोसिनिया, सेरिंग मेलकुकन टिंडकन एग्रेसिफ, सेरिंग बर्टिंडक मेलंगगर नॉर्मन सोशल एनॉर्मा सिक्सलुुकम। सी। Tunarungu Wicara (संचार विकार और बहरापन) Tunarungu adalah individu यांग memiliki hambatan दलम pendengaran baik permanen maupun tidak permanen। क्लासीफाकासी टुनरूंगु बिरडसरकर टिंगकैट गैंगग्वान पेंडेनगर एडलः 7 गैंगग्वान पेंडेंजर्स संगट रिंगन (27-40dB), गंगग्वान पेंडेंगारिंग रिंगन (41-55 डीबी), गंगग्वान पेन्डेनगरेशन सेडांग (56-70 डीबी), गंगग्वान पेन्डेनगर्न बिरेट (71-90 डीबी), गंगग्वान पेन्डेनगरन एस्कस्ट्रिम्टिली ( दी एटस 91dB) करीना मेमिलीकी हंबताण दलम पेंडेंजर्स इंडिविटु टुनरूंगु मेमिलिकी हैम्बटन डेल बिरबिकारा सेहिंग मैका बायसा इनबुट टुनाविकिकारा कैरा बेर्कोमुनिकेशी डेंगान इंडिविडु मेगगुनाकन बाहास इसायरात बिना अजाद जाली तेलह डिप्तेन्कन सेकरा इंटरनेशनल सेडंगन अनटुक इयरात बाह्स् बेर्डे-बेड की डिटिएप नेगारा सट इनई डिबेबरापा सेकोलः सीडंग डिकम्बांगक कम्यूनिकेशियस ऑफ येट्यू कारा बर्कोमुनिकासी डेंगण मेलबिट्क बाहास मौखिक, बहस इसाईट और बहस टबु। Individu tunarungu cenderung kesulitan dalam memahami konsep दारी सेतु यांग अबस्ट्रक बेरिकाट पहचान पत्रिका अनक यांग मलामी गैंगग्वान पेंडेनगर 8: टिडाम मम्पू मैन्डेनगर, टेरलम्बैट पेर्कबेंगन बाहासा, सेरिंग मेगगुनाकान ईश्वरत बेलकूमुनिकासी, कुरंगटिडक टंगगैप बिला डायजेक बिकार, यूकापन काट जेलस, क्लीटस सारा एहमोनोटन, सैरिंग मेमरीकिंग केपला डेल मैन मोन्डेगर्जर, बर्याक भित्तियन टेरहाडप गार्नारन, केलुआर नान दाड़ी केडुआ टेलिंग, टेरडापेट केलान संगठन नीलाई स्टैंडर्न्या 7. डी। तुनानेत्रा (आंशिक रूप से सींग और कानूनी रूप से अंधा) ट्यूनीट्रा एडलह इंडिड्यू यांग मेमिलिकी हंबताब डालम पेनिलीहट्टन। टुननेत्र दापत डिक्लासिफिकासिकन केदलाम दुआ गोल्ंगन येट: बुल कुल (ब्लाइन्ड) और कम विजन। डेफिनिसी टुननेट्रा मेन्युरट कॉफ़मैन एपी हॉलहैन एडलह इंडिड यंग मेमिलिकी लीमह पेनलिहटान एट अकुरासी पेनलिहाटन कूरंग दारी 660 सेटेलह डिकॉरेक्स या लॉन मिलिंक पेनिलीहटान। करीना ट्यूननटार्म मेमिलीकी केटरबाटण दलम इन्द्र पेनिलीहटन मका प्रोसेज़ पेंबलाजर्न मेनकाकन पडा अलट इंद्रा यांग लाईन येताउ इररा परबा और इंद्रा पेंडेंगरण। Oleh karena itu prinsip yang harus diperhatikan दलम सदस्यकन पेंजेरियन केपेडा इंडिविडु टुननेट ऐतलाह मीडिया यांग डिगुनाकन हर्सस बिरसफाट टोकटीयन डैन बर्सुआरा कोंट्टान्य अदाल पेंगुणन टूलीसन ब्रेल गंबर टिंबुल, बेंडा मॉडल और बेंदे नता टेलीविजन मीडिया यांग बर्सुआरा अदाल टेप रिकॉर्डर और पेंटी लुनक जेएडब्ल्यूएस ओबिलिटी और मोबिलिटास के बारे में जानने के लिए, ओरिएंटासी और मोबिलिटास डैनटोरियन मेम्पाल्जरी बैजमैन टुनेनेटेट्रा मेन्गेटाइ हस्मैटेशन एंड अरहा सॅटेटा बैंगनीमैन माँगिंगन टोंगकैट पोस्टि (टोंगकैट खसुस टुननेटेट्रा यांग टेबर्ट दारी अल्युमुनियम) बेरिकाट आइडिफाकसी अनक यांग मलामी गैंगग्वान पेनिलिहातन: 9 टिडक मम्पू मेलिटाट, टिडक मम्पु मुम्बई यांग पर 6 मीटर की दूरी पर, केरसकन नताद के बाद बोला माता, सेरिंग मर्बा-रबटर्संड वंडू बिरजलान, मेगालामी कैसोलिटन मेन्गंबिल बेंडे केकेल डि डकाटन्या, बागीयन बोला माता यांग हिटम बेरवर्ना केरोहबेशनिककरिंग, माता बर्गॉयंग टेरस निलाई स्टैंडर्न्या अदाल 6, आर्टिनिया बिला अनक मेगालामी कम से कम 6 गीला दि एट्स, मैक अनक टर्मसुक टूनाटेत्रा ई। टुनदक्षा (शारीरिक विकलांगता) टुनदक्सा अदलाह इंडिडू यंग मेमिलिकी गैंगजुआंग यंग डिब्बैनल ऑल केलैनान न्यूरो-स्कार्टर और स्ट्रक्चर टुलांग यांग बर्सिफाट बोवन, सिकत या एकिबेट केसेलैकन, टर्मसुक फ्रॉललिसी अंगुली, पोलियो, दान लंपु। Tingkat gangguan pad tunadaksa adalah ringan yaitu memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas fisik tetap masih datat ditkatkan melalui terapi, hei miyilki keterbatasan motorik dan mangalami gangguan koordinasi sensorik, berat yaitu memiliki keterbatasan ke darun dhe gaarkan fisik dan tidak mampu mengantrol jerakan fisik। बिरिकट आइडिफिकासी अनक यांग मेगाल्मी केलैनन अनगॉटा टुबुहुर्कक टुघः 10 एंग्टाटा गर्किक टुबु कक्कलमहलम्पु, केसुलीटान दलमराण (कुछ सप्रेणा, टिडक लेंटट्रिडक टेर्केंडी), टेरडापेट बैजियन आंगटा यांग टिडेक सेन्प्र्नेलेबिह केकेल दरी बायसास, टेरडापेट कैट एट जेराक, जरी तांगन काकू दन टिडक दपत मेंगगेंगम, केसुलीटान पट्सट बिरडीरिबेरजेण्डादुद, और मेननजुकान स्कैनिंग टयूब सामान्य, हापरकाटीस्टिडक डापट टैंग। नीलई स्टैंडर्न्या 5. एफ। Tunaganda (Multiple handicapped) Menurut Johnston amp Magrab, tunaganda adalah mereka yang mempunyai kelainan perkembangan mencakup kelompok yang mempunyai hambatan-hambatan perkembangan neurologis yang disebabkan oleh satu atau dua kombinasi kelainan dalam kemampuan seperti intelegensi, gerak, bahasa, atau hubungan pribadi di masyarakat. Walker (1975) berpendapat mengenai tunaganda sebagai berikut: Seseorang dengan dua hambatan yang masing-masing memerlukan layanan-layanan pendidikan khusus. Seseorang dengan hambatan-hambatan ganda yang memerlukan layanan teknologi. Seseorang dengan hambatan-hambatan yang memerlukan modifikasi khusus. g. Kesulitan Belajar (Learning disabilities) Anak dengan kesulitan belajar adalah individu yang memiliki gangguan pada satu atau lebih kemampuan dasar psikologis yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa, berbicara dan menulis yang dapat memengaruhi kemampuan berfikir, membaca, berhitung. berbicara yang disebabkan karena gangguan persepsi. brain injury. disfungsi minimal otak. dislexia. dan afasia perkembangan. individu kesulitan belajar memiliki IQ rata-rata atau diatas rata-rata, mengalami gangguan motorik persepsi-motorik, gangguan koordinasi gerak, gangguan orientasi arah dan ruang dan keterlambatan perkembangan konsep. Berikut adalah karakteristik anak yang mengalami kesulitan belajar dalam membaca, menulis dan berhitung11 : Anak yang mengalami kesulitan membaca (disleksia) Perkembangan kemampuan membaca terlambat, Kemampuan memahami isi bacaan rendah, Kalau membaca sering banyak kesalahan Nilai standarnya 3. Anak yang mengalami kesulitan menulis (disgrafia) Kalau menyalin tulisan sering terlambat selesai, Sering salah menulis huruf b dengan p, p dengan q, v dengan u, 2 dengan 5, 6 dengan 9, dan sebagainya, Hasil tulisannya jelek dan tidak terbaca, Tulisannya banyak salahterbalikhuruf hilang, Sulit menulis dengan lurus pada kertas tak bergaris. Nilai standarnya 4. Anak yang mengalami kesulitan berhitung (diskalkula) Sulit membedakan tanda-tanda: , -, x. gt, lt, Sulit mengoperasikan hitunganbilangan, Sering salah membilang dengan urut, Sering salah membedakan angka 9 dengan 6 17 dengan 71, 2 dengan 5, 3 dengan 8, dan sebagainya, Sulit membedakan bangun-bangun geometri. Nilai standarnya 4. h. Anak Berbakat (Giftedness and special talents) Menurut Milgram, R. M (1991:10), anak berbakat adalah mereka yang mempunyai skor IQ 140 atau lebih diukur dengan instrument Stanford Binet (Terman, 1925), mempunyai kreativitas tinggi (Guilford, 1956), kemampuan memimpin dan kemampuan dalam seni drama, seni tari dan seni rupa (Marlan, 1972). Anak berbakat mempunyai empat kategori, sebagai berikut: Mempunyai kemampuan intelektual atau intelegensi yang menyeluruh, mengacu pada kemampuan berpikir secara abstrak dan mampu memecahkan masalah secara sistematis dan masuk akal. Kemampuan intelektual khusus, mengacu pada kemampuan yang berbeda dalam matematika, bahasa asing, music, atau ilmu pengetahuan alam. Berpikir kreatif atau berpikir murni menyeluruh. Pada umumnya mampu berpikir untuk menyelesaikan masalah yang tidak umum dan memerlukan pemikiran tinggi. Mempunyai bakat kreatif khusus, bersifat orisinil dan berbeda dengan yang lain. Dari keempat kategori di atas, maka anak berbakat adalah mereka yang mempunyai kemampuan-kemampuan yang unggul dalam segi intelektual, teknik, estetika, social, fisik (Freemen, J. 1975:120), akademik, psikomotor dan psikososial (Sisk,1987 dalam Amin, M. 1996:3). Berikut identifikasi anak berbakat atau anak yang memilki kecerdasan dan kemampuan yang luar biasa12 : Membaca pada usia lebih muda, Membaca lebih cepat dan lebih banyak, Memiliki perbendaharaan kata yang luas, Mempunyai rasa ingin tahu yang kuat, Mempunayi minat yang luas, juga terhadap masalah orang dewasa, Mempunyai inisiatif dan dapat berkeja sendiri, Menunjukkan keaslian (orisinalitas) dalam ungkapan verbal, Memberi jawaban-jawaban yang baik, Dapat memberikan banyak gagasan, Luwes dalam berpikir, Terbuka terhadap rangsangan-rangsangan dari lingkungan, Mempunyai pengamatan yang tajam, m. Dapat berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang, terutama terhadap tugas atau bidang yang diminati, Berpikir kritis, juga terhadap diri sendiri, Senang mencoba hal-hal baru, Mempunyai daya abstraksi, konseptualisasi, dan sintesis yang tinggi, Senang terhadap kegiatan intelektual dan pemecahan masalah, Cepat menangkap hubungan sebabakibat, Berperilaku terarah pada tujuan, Mempunyai daya imajinasi yang kuat, Mempunyai banyak kegemaran (hobi), w. Mempunyai daya ingat yang kuat, Tidak cepat puas dengan prestasinya, Peka (sensitif) serta menggunakan firasat (intuisi), Menginginkan kebebasan dalam gerakan dan tindakan. मैं। Anak Autistik Nilai standarnya 18. Autism Syndrome merupakan kelainan yang disebabkan adanya hambatan pada ketidakmampuan berbahasa yang diakibatkan oleh kerusakan pada otak. Gejala-gejala autism menurut Delay amp Deinaker (1952) dan Marholin amp Philips (1976) antara lain: Senang tidur bermalas-malasan atau duduk menyendiri dengan tampang acuh, muka pucat, dan mata sayu dan selalu memandang ke bawah. Selalu diam sepanjang waktu. Jika ada pertanyaan terhadapnya, jawabannya sangat pelan dengan nada monoton, kemudian dengan suara yang aneh akan menceritakan dirinya dengan beberapa kata kemudian diam menyendiri lagi. Tidak pernah bertanya, tidak menunjukkan rasa takut dan tidak menyenangi sekelilingnya. Tidak tampak ceria. Tidak peduli terhadap lingkungannya, kecuali terhadap benda yang disukainya. Secara umum anak autis mengalami kelainan dalam berbicara, kelainan fungsi saraf dan intelektual, Hal tersebut dapat terlihat dengan adanya keganjilan perilaku dan ketidakmampuan berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Hyperactive bukan merupakan penyakit tetapi suatu gejala atau symptoms. (Batshaw amp Perret, 1986: 261).symptoms terjadi disebabkan oleh factor-faktor brain damage, an emotional disturbance, a hearing deficit or mental retardaction. Dewasa ini banyak kalangan medis masih menyebut anak hiperaktif dengan istilah attention deficit disorder (ADHD) (Solek, P. 2004:4) Anak berkebutuhan khusus (ABK) ini ada dua kelompok, yaitu: ABK temporer (sementara) dan permanen (tetap). Adapun yang termasuk kategori ABK temporer meliputi: anak-anak yang berada di lapisan strata sosial ekonomi yang paling bawah, anak-anak jalanan (anjal), anak-anak korban bencana alam, anak-anak di daerah perbatasan dan di pulau terpencil, serta anak-anak yang menjadi korban HIV-AIDS. Sedangkan yang termasuk kategori ABK permanen adalah anak-anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, Autis, ADHD ( Attention Deficiency and Hiperactivity Disorders ), Anak Berkesulitan Belajar, Anak berbakat dan sangat cerdas (Gifted), dan lain-lain. Untuk menangani ABK tersebut dalam setting pendidikan inklusif di Indonesia, tentu memerlukan strategi khusus. Pendidikan inklusi mempunyai pengertian yang beragam. Stainback dan Stainback (1990) mengemukakan bahwa: sekolah inklusi 13 adalah sekolah yang menampung semua siswa di kelas yang sama. Sekolah ini menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan setiap siswa, maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh para guru agar anak-anak berhasil. Lebih dari itu, sekolah inklusi juga merupakan tempat setiap anak dapat diterima, menjadi bagian dari kelas tersebut, dan saling membantu dengan guru dan teman sebayanya, maupun anggota masyarakat lain agar kebutuhan individualnya dapat terpenuhi. Selanjutnya, Staub dan Peck (1995 ) menyatakan bahwa: pendidikan inklusi 14 adalah penempatan anak berkelainan tingkat ringan, sedang, dan berat secara penuh di kelas reguler. Hal ini menunjukkan bahwa kelas reguler merupakan tempat belajar yang relevan bagi anak berkelainan, apapun jenis kelainannya dan bagaimanapun gradasinya. Sementara itu, Sapon-Shevin (ONeil, 1995) menyatakan bahwa pendidikan inklusi sebagai sistem layanan pendidikan yang mempersyaratkan agar semua anak berkelainan dilayani di sekolah-sekolah terdekat, di kelas reguler bersama-sama teman seusianya. Oleh karena itu, ditekankan adanya perombakan sekolah, sehingga menjadi komunitas yang mendukung pemenuhan kebutuhan khusus setiap anak, sehingga sumber belajar menjadi memadai dan mendapat dukungan dari semua pihak, yaitu para siswa, guru, orang tua, dan masyarakat sekitarnya. Melalui pendidikan inklusi, anak berkelainan dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya (Freiberg, 1995) . Hal ini dilandasi oleh kenyataan bahwa di dalam masyarakat terdapat anak normal dan anak berkelainan yang tidak dapat dipisahkan sebagai suatu komunitas. Dalam hal ini, ada empat strategi pokok yang diterapkan pemerintah, yaitu: peraturan perundang-undangan yang menyatakan jaminan kepada setiap warga negara Indonesia (termasuk ABK temporer dan permanen) untuk memperoleh pelayanan pendidikan, memasukkan aspek fleksibilitas dan aksesibilitas ke dalam sistem pendidikan pada jalur formal, nonformal, dan informal. Selain itu, menerapkan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan mengoptimalkan peranan guru. Di bawah ini beberapa strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus: Strategi pembelajaran pada dasarnya adalah pendayagunaan secara tepat dan optimal dari semua komponen yang terlibat dalam proses pembelajaran yang meliputi tujuan, materi pelajaran, media, metode, siswa, guru, lingkungan belajar dan evaluasi sehingga proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efesien. Beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan strategi pembelajaran. antara lain: Berdasarkan pengolahan pesan terdapat dua strategi yaitu strategi pembelajaran deduktif dan induktf. Berdasarkan pihak pengolah pesan yaitu strategi pembelajaran ekspositorik dan heuristic. Berdasarkan pengaturan guru yaitu strategi pembelajaran dengan seorang guru dan beregu. Berdasarkan jumlah siswa yaitu strategi klasikal, kelompok kecil dan individual. Beradsarkan interaksi guru dan siswa yaitu strategi tatap muka, dan melalui media. Selain strategi yang telah disebutkan di atas, ada strategi lain yang dapat diterapkan yaitu strategi individualisasi, kooperatif dan modifikasi perilaku. Strategi pembelajaran yang sesuai denagan kebutuhan anak berbakat akan mendorong anak tersebut untuk berprestasi. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam meneentukan strategi pembelajaran adalah : Pembelajaran harus diwarnai dengan kecepatan dan tingkat kompleksitas. Tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual semata tetapi juga mengembangkan kecerdasan emosional. Berorientasi pada modifikasi proses, content dan produk. Model-model layanan yang bias diberikan pada anak berbakat yaitu model layanan perkembangan kognitif-afektif, nilai, moral, kreativitas dan bidang khusus. Strtegi pembelajaran anak tunagrahita ringan yang belajar di sekolah umum akan berbeda dengan strategi anak tunagrahita yang belajar di sekolah luar biasa. Strategi yang dapat digunakan dalam mengajar anak tunagrahita antara lain Strategi pembelajaran yang diindividualisasikan Strategi kooperatif Strategi modifikasi tingkah laku 4. Strategi pembelajaran bagi anak tunadaksa Strategi yang bias diterapkan bagi anak tunadaksa yaitu melalui pengorganisasian tempat pendidikan, sebagai berikut: Pendidikan integrasi (terpadu) Pendidikan segresi (terpisah) Penataan lingkungan belajar 5. Strategi pembelajaran bagi anak tunalaras Untuk memberikan layanan kepada anak tunalaras, Kauffman (1985) mengemukakan model-model pendekatan sebagai berikut Model biogenetic Model behavioraltingkah laku Model psikodinamika Model ekologis 6. Strategi pembelajaran bagi anak dengan kesulitan belajar Anak berkesulitan belajar membaca yaitu melalui program delivery dan remedial teaching Anak berkesulitan belajar menulis yaitu melalui remedial sesuai dengan tingkat kesalahan. Anak berkesulitan belajar berhitung yaitu melalui program remidi yang sistematis sesuai dengan urutan dari tingkat konkret, semi konkret dan tingkat abstrak. 7. Strategi pembelajaran bagi anak tunarungu Strategi yang biasa digunakan untuk anak tunarungu antara lain: strategi deduktif, induktif, heuristic, ekspositorik, klasikal, kelompok, individual, kooperatif dan modifikasi perilaku. Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan istilah lain untuk menggantikan kata Anak Luar Biasa (ALB) yang menandakan adanya kelainan khusus. Anak berkebutuhan khusus mempunyai karakteristik yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Karena karakteristik dan hambatan yang dimilki, ABK memerlukan bentuk pelayanan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka. Anak berkebutuhan khusus (ABK) ini ada dua kelompok, yaitu: ABK temporer (sementara) dan permanen (tetap). Adapun yang termasuk kategori ABK temporer meliputi: anak-anak yang berada di lapisan strata sosial ekonomi yang paling bawah, anak-anak jalanan (anjal), anak-anak korban bencana alam, anak-anak di daerah perbatasan dan di pulau terpencil, serta anak-anak yang menjadi korban HIV-AIDS. Sedangkan yang termasuk kategori ABK permanen adalah anak-anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, tunalaras, Autis, ADHD ( Attention Deficiency and Hiperactivity Disorders ), Anak Berkesulitan Belajar, Anak berbakat dan sangat cerdas (Gifted), dan lain-lain. इसे साझा करें:
Comments
Post a Comment